Chat Via Whatsapp!
Chat Via Whatsapp
Kirim Pesan
Beberapa Tips Merawat Mobil aki Mainan anak agar awet

Beberapa Tips Merawat Mobil aki Mainan anak agar awet Leave a comment

Beberapa Tips Merawat Mobil aki Mainan anak agar awet

Mainan Mobil aki anak jaman sekarang sudah sangat jauh berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya atau bahkan dengan yang dipakai oleh orang tua saat kecil. Teknologi dan fitur yang disematkan dalam mobil aki mainan anak zaman sekarang pun sudah cukup canggih seperti fitur mobil sesungguhnya. Fitur fitur tersebut antara lain EPS (Electronic power steering), Mp4/Mp3 LCD player, Bluetooth A2DP connection, cat Body menggunakan cat asli dan lain sebagainya.

Beberapa Tips Merawat Mobil aki Mainan anak agar awet
sistem EPS (electronic Power Steering) pada Mercedes Benz S63

oleh karena itu cara merawat mobil aki mainan agar awet pun ada beberapa trik khususnya. berikut kiddibitsy memberikan Beberapa Tips Merawat Mobil aki Mainan anak agar awet dipakai dan tahan lama:

  1. JANGAN Menggunakan Baterai ALKALINE pada Remote Control
    Baterai jenis Alkaline memiliki daya double power dengan ampere besar,sehingga tidak cocok untuk sebuah device elektronik seperti remote control. Gunakan baterai biasa saja seperti ABC atau panasonic. 

  2. EPS / Electronic Power Steering
    Mobil aki yang menggunakan sistem power steering ini adalah jenis mobil aki yang pada bagian setirnya terdapat dua buah tuas. Tuas dari stir ke Komponen Potensiometer tengah,tuas satu nya lagi dari komponen potensio tengah ke as roda. DIdalam modul komponen potensio itu terdapat gear-gear penggerak serta per penarik. Didalam lingkaran stir juga terdapat kawat Per penarik agar posisi stir selalu kembali ke posisi awal.Fungsi potensiometer dibagian tengah inilah menjadi komponen penting untuk mobil aki yang menggunakan sistem EPS. Apabila terjadi kerusakan atau perubahan settingan derajat putar di komponen ini, sudah bisa dipastikan ban atau roda pun akan miring dan tidak center.Selain itu pemakaian atau cara putar stir secara hentak dan kasar juga mempercepat kerusakan pada bagian lingkar stir, biasanya akan menyebabkan patah pada dudukan per penarik.Oleh karena itu, Mobil aki mainan yang menggunakan teknologi EPS sangat disarankan hanya digunakan untuk anak yang memang cukup menggunakan remote control, atau anak yang memang sudah mengerti mengenai cara oemakaian /putar stir yang halus. Alternatifnya agar aman, anda bisa mencari mobil yang masih menggunakan steer manual saja. karena tentu lebih tahan banting dibandingkan EPS.



  3. Lepas Pedal (stop) saat mobil menabrak atau ban tertahan sesuatu
    Apabila laju mobil tertahan baik maju atau mundur, Segera hentikan atau angkat pedal agar dynamo berhenti berputar. Karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan fatal pada modul relay didalam mobil aki, hal yang paling sering terjadi adalah beberapa komponen elektronik dan beserta jalurnya putus terbakar
  4. Melakukan Charge dalam posisi Mobil Mati / Power Off
    Kadang kita sering lupa untuk menekan tombol power mobil aki mainan dalam keadaan OFF saat hendak mencolok Konektor Charger.Hal ini sedikit banyak mempengaruhi dan mempercepat modul relay / elektronik yang terdapat dimobil aki.
  5. Diamkan -/+ 15 -30menit sebelum Re Charging
    Saat mobil aki habis baterai atau low batt, Ada baiknya diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 – 30 menit sebelum mencolokan konektor charger. HAl ini penting untuk mengosongkan sisa sisa residu listrik didalam komponen modul agar siap mendapatkan dan menyimpan energi listrik baru. Selain itu dengan mendiamkannya beberapa saat, IC dalam modul yang sebelumnya panas saat dipakai tentu sudah dingin dan siap di Recharge
  6. Cabut Baterai Saat menyimpan mobil aki dalam jangka waktu lama
    Terkadang anak akan bosan dengan mobil aki mainannya. Disaat kita hendak menyimpannya dalam jangka waktu lama, cabut kutub positif/ merah ( + ) pada aki mobil. Usahakan untuk melindunginya dari cuaca dan kelembaban udara yang tentu akan dapat membuat jalur PCB di modul relay menjadi korosi. Kami menyarankan untuk melapisi atau membungkus mobil menggunakan Bubble Wrap dan merapatkan setiap celahnya. Begitu juga dengan remotenya, cabut baterai lalu bungkus remote dengan rapat.
  7. Rutin Memoles Body Mobil aki yang dilapisi Cat Duco
    Bagi anda yang memiliki mobil dengan body berlapis cat duco/ cat asli. Memoles dengan mengguakan wax atau poles mobil adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga body mobil aki mainan tetap dalam keadaan mengkilap. Terlebih lagi untuk cat mobil yang berwarna putih, Kondisi cuaca dan kotoran yang menempel lama tentu akan menyebabkan menjadi sulit untuk dihilangkan bahkan menguning.
  8. Simpan di ruangan bebas Tikus
    Hal yang tidak kalah penting adalah menyimpan mainan mobil aki di tempat yang jauh dari Tikus. Karena tikus tikus ini sangat suka sekali menggigiti kabel kabel yang ada pada mobil aki mainan. Apabila kabel-kabel sudah hancur dan banyak jalur yang putus, tentu kita akan kesulitan untuk memperbaikinya.. Satu satunya jalan adalah dengan Mngueut total sistem perkabelan di mobil tersebut.



Demikian Beberapa Tips Merawat Mobil aki Mainan anak agar awet dan tahan lama pemakaiannya, Hal diatas bukanlah berarti kami menunjukan betapa repotnya memiliki mobil aki, karena pada umumnya tidak ada tips khusus dalam dunia mainan mobil aki,semua hanya sederhana saja . Selebihnya biarkan anak bermain normal tanpa harus dibebani dengan larangan ini dan itu sehingga mereka jadi takut dan enggan mengendarai mobil mereka dengan fun.
Karena tentu tujuan kita sebagai orang tua membelikan anak sebuah mainan adalah agar mereka bahagia. ajarkan secara baik baik agar mereka belajar merawat barang miliknya dengan penuh kasih sayang.

Semoga artikel Beberapa Tips Merawat Mobil aki Mainan anak agar awet ini dapat bermanfaat untuk anda.(Ar/Kiddibitsy)

Baca Juga:

Tips membeli mainan mobil aki online

Mobil aki tidak menyala Bagaimana cara memperbaikinya?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *